Selasa, 02 Desember 2014











Salah seorang warga dari RT 008 beberapa waktu lalu tepatnya hari Sabtu Tanggal 29 November 2014 dengan diantarkan mobil siaga dan kader siaga menuju RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) dengan Jakarta Pusat. Ketua RW 08 Bapak H. Triswanto selaku Kader Siaga 08 mengantar bapak Rahmat karena istrinya sudah menandakan akan melahirkan.

Prosedur agak sulit karena perawatan di RSCM mengharuskan calon pasien memiliki rujukan dari Puskesmas. Ditambah lagi, keluarga bapak Rahmat belum memiliki BPJS. Dengan negosiasi dari Ketua RW dan memandang dari sisi kedaruratan, istri dari bapak Rahmat akhirnya bisa mendapatkan fasilitas rawat.

Prosedural perawatan di Rumah Sakit besar, seharusnya memang mendapatkan rujukan dari Puskesmas di wilayah kita sendiri. Ini demi mudahkan proses ketika sang Ibu membutuhkan perawatan untuk melahirkan. Oleh sebab itu, para calon ibu (Ibu Hamil) diharuskan aktif mengikuti saran² dari POSYANDU yang dimiliki RW 08. Posyandu akan memberikan panduan dari proses kehamilan yang sehat hingga melahirkan.

Alhamdulillah, istri dari bapak Rahmat melahirkan anak laki-laki dengan selamat. Untuk proses kepulangan, bapak Rahmat dan Istri diwajibkan memiliki BPJS. Oleh sebab itu, pengurus RW 08 pada hari Senin 01 November 2014 mendampingi beliau dan beberapa warga RW 08 ke Puskesmas yang lokasinya dekat Taman Simanjuntak untuk mengurus kepemilikan BPJS.

Dari Puskesmas menuju kantor BPJS di Rawa Mangun dan setelahnya, baru mengurus kepulangan hingga sampai dirumah.

0 komentar:

Posting Komentar